Update Tulisannya Sering Ditolak di Media Massa, Lelaki Ini Tukar Namanya Menjadi "Menyesal" >> Berita Malay 18

27 November 2017

https: img.okeinfo.net content 2017 11 27 18 1821490 tulisannya-sering-ditolak-di-media-massa-pria-india-ganti-namanya-menjadi-menyesal-T4W3COR4rg.jpg 
 (Foto: BBC)

BENGALURU - Seorang pria bernama Sathyanarayana Iyer mengganti namanya Meyer Iyer. Wartawan BBC Geeta Pandey bertemu dengannya di kota Bangaluru di India selatan untuk mengetahui apakah dia pernah menyesali keputusannya. 

Seperti dikutip dari BBC, Isnin (27/11/2017), Iyer memakai banyak topi - dia menggambarkan dirinya sebagai penulis, penerbit, fotografer, jurnalis, kartunis dan banyak hal lainnya.

Tampilan yang dibuat Iyer (67) untuk menunjukkan cita-citanya menjadi seorang jurnalis merupakan cita-citanya sejak kecil. Dari sini lah cerita bagaimana Iyer mengganti namanya menjadi Menyesal. 

Dia mulai dengan menulis "surat kepada editor" - di dunia digital saat ini, dengan sebuah komentar di artikel online - dan banyak yang dipublikasikan.
Dia menjadi lebih ambisius dan mengirim artikel ke Janavani, surat khabar malam Kannada yang populer, tentang sejarah kota Bijapur. 

 Beberapa hari kemudian, Kannada mengembalikannya dengan "surat penyesalan". Surat tersebut diawali dengan editor yang berterima kasih kepadanya atas ketertarikannya pada surat khabar tersebut, namun mengungkapkan penyesalannya kerana tidak dapat meneruskan ceritanya.
"Saya kecewa, tapi tidak berkecil hati," kata Iyer. 

Selama beberapa tahun berikutnya, dia terus mengirimkan surat, artikel, kartun, foto, dan bahkan puisi yang tidak diminta ke surat khabar Inggris dan Kannada. Dia menulis tentang kuil dan tempat-tempat wisata dan juga tentang topik-topik minat berita. Surat-suratnya mengeluhkan keluhan publik, layanan bas yang buruk dan tumpukan sampah. 

Wartawan lokal senior yang berurusan dengan dia di tahun 1970-an dan 80-an mengatakan "dia adalah mimpi buruk dari editor."
Beberapa karyanya diterbitkan, namun sebahagian besar ditolak dan dalam beberapa tahun. dan bila dihitung penolakannya, Iyer telah mengumpulkan 375 surat penolakan dari berbagai organisasi - "bukan hanya orang India, tapi juga internasional". 

"Saya dibombardir dengan surat penyesalan," katanya. "Saya tidak tahu mengapa material saya ditolak, saya mulai berfikir, apa yang saya kurangi? Tapi tidak ada usaha dari editor untuk memberi tahu seorang penulis atau fotografer apa masalahnya dengan materialnya," paparnya. 

"Itu adalah tulisannya yang buruk," kata jurnalis veteran Nagesh Hegde.
"Dia adalah pemburu dan pengumpul berita yang baik - dia memiliki banyak bakat untuk mengidentifikasi cerita, tapi dia tidak memiliki kemampuan untuk menulis dengan cara yang menarik dan menulis dengan sangat lusuh," kata Hegde baru-baru ini. 

Hegde, yang menulis kolom mingguan populer di surat khabar Prajavani, yang kemudian menjadi terus menolak tulisan dari Iyer.
Kemudian suatu hari di tahun 1980, Iyer mengunjungi kantor Prajavani setelah kiriman lainnya ditolak dan memberi tahu Pak Hegde tentang koleksi surat-surat penyesalannya. 

"Saya memintanya untuk membuktikannya. Keesokan harinya dia kembali dengan ratusan surat penyesalan."
Jadi di kolomnya minggu depan, Mr Hegde menulis tentang "Regret Iyer".
"Orang lain akan merasa malu dan menyembunyikan surat-suratnya, tapi dia dengan bangga menunjukkannya," ungkap Iyer. 

Pernah optimis, Iyer mencuba mengubah kesulitan ini menjadi keuntungan terbesarnya, dengan menggunakan kegagalannya sebagai langkah sukses.
"Para editor mengatakan bahwa mereka telah mempertimbangkan beberapa nama untuk saya dan akhirnya memusatkan perhatian pada Regret Iyer," kata Iyer, menambahkan bahwa ketika dia mendapatkan nama baru, "Saya menyedari bahwa pena lebih kuat daripada pedang." 

Jadi dia pergi ke mahkamah awam dan mendapat surat wasiat yang dilakukan untuk mengganti namanya secara resmi.
"Saya juga mengganti nama saya di pasport dan akaun bank saya. Di kad undangan pernikahan saya juga, saya menggunakan nama baru saya," tandasnya. 

"Pada awalnya orang mentertawakan saya, Orang bodoh ini, dia pasti marah, kata mereka, ada penghinaan, tapi ayah saya memberi saya keberanian, saya merasa seperti orang paling beruntung yang boleh berjalan di bumi kerana keluarga saya mendukung saya secara keseluruhan. -benar," ujarnya.
Sebahagian besar masa dewasanya, dia hidup dari wang saku yang diberikan ayahnya kepadanya. 

"Biaya hidup rendah, kami tinggal dengan orang tua saya dan mereka mendukung kami. Mereka menanyai anak-anak saya melalui sekolah dan pusat pengajian tinggi," katanya. 

Tapi lambat laun, kehidupan berbalik baginya - semakin banyak surat dan foto mulai diterbitkan. Dia telah belajar melakukan hal yang benar dan semua surat khabar berbahasa Inggris dan Kannada di Karnataka mulai menerima pengajuannya. 

"Saya adalah tentera satu orang dengan kamera, pena, skuter, helmet dan bahkan kemeja bertanda logo yang bertuliskan Regret Iyer."
Pada waktunya, isteri dan kedua anaknya juga menukar nama Regret sebagai nama tengah mereka. 

Hegde mengatakan bahwa Regret Iyer dapat dengan mudah disebut "jurnalis warga" pertama di Karnataka, dan mungkin juga India. (feb)
Okezone 

Subscribe to receive free email updates: